Ungkap Trik Rahasia Agar Koloni Burung Walet Ramai Menginap

Koloni Burung WaletKoloni Burung Walet

Itu adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh para calon pengusaha walet. Apakah cukup dengan membeli suara panggil dan suara inap yang terbaik burung walet mau langsung datang lalu menginap ??, jawabannya adalah belum pasti.

Ungkap Trik Rahasia Agar Koloni Burung Walet Ramai Menginap

Perlu diketahui ada banyak faktor yang mempengaruhi cepat tidaknya perkembangan populasi walet di sebuah RBW (Rumah Burung Walet), salah satunya penggunaan suara panggil yang berkualitas bukan gratisan yang tersebar di internet, namun itu saja belum dianggap cukup untuk mendongkrak percepatan populasi walet di sebuah RBW.

Koloni Burung WaletKoloni Burung Walet

Jika diumpamakan suara panggil walet itu seperti layaknya iklan di radio yang mengenalkan sebuah tempat atau produk baru kepada semua orang, tentu bunyi atau pengambaran iklan itu akan dibuat sangat menyita perhatian para pendengarnya, sehingga pendengar radio tersebut tertarik untuk datang atau membeli produk yang ditawarkan.

Rahasia Mudah Mengatasi Rumah Walet Kosong

Pertanyaannya apakah setelah produk diiklankan di sebuah stasiun radio pasti akan meningkat penjualannya ??. Jawabanya pasti belum tentu, karena selain faktor iklan yang menarik, produk yang ditawarkanpun harus sesuai iklan yang ditayangkan, jika expektasi atau harapan konsumen terhadap produk yang ditawarkan memang sesuai dengan fakta, jelas produk tersebut pasti meningkat penjualannya, tapi jika tidak maka iklan yang heboh belum tentu meningkatkan pejualan sebuah produk.

Anggap saja suara panggil adalah iklan yang menunjukkan kepada para burung walet bahwa disini ada RBW baru, kemudian sesaat setelah di putar para walet mulai berdatangan, berputar-putar disekitar sumber suara, kemudian ada beberapa ekor mulai berani memasuki LMB (Lubang Masuk Burung) tak berapa lama keluar lagi dan masuk lagi, aktifitas walet masuk keluar LMB ini berlangsung beberapa hari. Kita pasti tersenyum puas karena suara panggil yang dibelinya mahal-mahal ternyata mampu mendatangkan koloni walet di RBW yang baru dibangun.

Setelah 3 bulan telah berlalu, penasaran dengan perkembangan RBW, coba masuk ke dalam RBW, setelah berkeliling di setiap lantai tak satupun ada walet yang membuat sarang, tidak ada juga bakal sarang, tumpukan kotoran pun tidak ada, yang ada hanya bekas kotoran walet menempel di dinding dekat LMB. Kalau sudah begini siapa yang disalahkan ?, apakah suara panggilnya tidak cocok ?, apakah harus ganti dengan suara yang lebih bagus lagi ??.

Rahasia Membuat Burung Walet Betah Itu Mudah

Berapa kali ganti suara pun tidak akan ada perubahan, karena masalahnya bukan di suara panggil, tapi ada pada RBWnya, untuk mengetahui apakah suara panggil itu bagus atau tidak sebenarnya cukup mudah, hanya tinggal lihat respon walet setelah mendengar suara tersebut, apakah banyak walet datang mendekat setelah suara di putar, apakah walet mulai mengikuti atau menirukan suara yang diputar, bahkan mungkin ada walet yang hinggap di tweeter LMB, jika YA berarti suara panggil tersebut bagus dan layak digunakan.

Untuk kasus diatas suara panggil yang di pakai sudah bagus karena walet banyak datang dan keluar masuk LMB, tapi kenapa setelah 2-3 bulan belum ada yang membuat sarang?, jawabannya pasti ada yang salah pada RBWnya, mungkin tata ruangnya salah, tata cara penggunaan suara waletnya salah, tata letak tweeternya salah, suhu dan kelembapannya salah, ukuran lubang turun antar lantai (void) yang salah, adanya penghalang arus terbang burung walet dsb.

Seperti contoh pengambaran iklan radio diatas, iklannya bagus tapi produknya jelek, jadi pelanggan mencoba beli sekali tapi tidak membeli lagi untuk yang kedua dan seterusnya karena kecewa, ternyata produk yang dibeli tidak sebaik yang diiklankan, dalam hal ini suara waletnya bagus walet mau datang, tapi setelah masuk RBW ternyata tak senyaman RBW asalnya jadi walet yang sudah datang tidak mau menginap, dan kembali lagi ke RBW asalnya.

Dampak Buruk Menggunakan Kolam Air Pada Rumah Walet

Buat yang ingin konsultasi bisa mengkonsultasikannya kepada kami melalui kolom komentar yang ada di blog ini.

6 comments on “Ungkap Trik Rahasia Agar Koloni Burung Walet Ramai Menginap

  1. ass… slamat malam saya Supartono Sudin alamat saya di Balikpapan Kalimatan Timur, saya punya gedung walet ukuran 4 x 12 dengan tiga lantai dan ditambah satu lantai untuk LBM letak lokasi gedung saya di daerah Kelurahan Graha Indah Kecamatan Balikpapan Utara
    gedung saya sudah berjalan 1 tahun dan setiap sore saya cek burung walet yang masuk digedung saya hanya kurang lebih 20 ekor, pertanyaan saya bagaimana caranya agar burung walet bisa bertambah, sedangkan gedung cukup gelap, kelembapan sedang karena saya pasang kolam dalam gedung kemudian suara sudah berkali kali ganti dan gedung saya adalah gedung tunggal hanya satu satunya demikian mohon petunjuk dan sarannya ditunggu wasalam. Balikpapan 20 Maret 2018

  2. rbw saya sudah 10 tahunan mangkrak, pernah dicoba waletisasi pakai telor walet ke sarang sriti juga beberapa kali gagal, dan sampai saat ini hanya ada beberapa burung sriti, panenya juga tidak bisa meningkat dari dulu hingga sekarang paling hanya 50 an sarang dalam sekali panen.
    kemarin ada teman yang mau ngajak bagi hasil dan modal untuk waletisasinya dari dia.
    hanya saja saya pesimis, karena fokus saya adalah untuk memperbanyak koloni sriti yang sudah ada dulu, karena menurut saya, klo sukse meningkatkan populasi sriti pastinya akan mudah juga untuk meningkatkan walet dalam gedung jadinya untuk saat ini saya belum berani mencoba suara untuk waletisasi, takutnya nanti si walet kecewa dan gak mau datang lagi.
    gedung juga belum di coba pakai mesin kabut,
    dan baru baru ini saya coba memperbesar LMB dengan ukuran 150×20 cm, perlu diketahui di tempat saya RMB pada umumnya hanya memakai lubang ukuran 40×35 / 30×20.
    dan baru baru ini saya ubah ruangan di LMB sebagai rooving area ukuran 3×3 dan memakai sekat full dengan void ukuran 200×185,
    apakah kondisi tersebut sudah tepat??
    ukuran gedung persegi panjang dengan ukuran 9×6.
    mohon saran

  3. Sy perhatikan setiap hari koloni walet selalu ramai berputar diatas rbw,sebagian masuk tp tdk lama keluar lg,bgt seterusnya sampai brp bulan kmudian sy coba cek kdalam ternyata cm ada bbrapa sarang dan bbrp yg bertelur,sedangkan tumpukan kototan dibawah boleh dibilang lumayan bnyak,rbw sy ini sdh hampir 7 bulan dr skrang,minta tolong penjelasan secara detail apa kekurangan rbw sy ini,timakasih

  4. saya mau tanya selain mesin kabut apa ada barang yang murah untuk mendinginkan RBW ? tolong bantuanya,semoga saya yg coba-coba dapat berhasil dgn dana seadanya……trima kasih sebelumnya !

1 Pings/Trackbacks for "Ungkap Trik Rahasia Agar Koloni Burung Walet Ramai Menginap"

  1. […] Posted on 16/06/2017 by CEMEONLINE.INFO — No Comments ↓ Koloni Burung Walet Artikel ini di tulis dengan tujuan agar teman-teman pemilik rumah burung walet yang masih kosong baik yang baru maupun yang sudah lama hingga bertahun-tahun bisa ikut merasakan bagaimana indahnya sebuah kesuksesan, bagaimana rasanya panen sarang walet. Jangan berkecil hati dan putus asa karena setiap permasalah pasti ada solusinya dan tuhan tidak akan memberi cobaan di luar batas kemampuan setiap hambanya. Untuk rumah burung walet yang masih baru pada 3 bulan pertama saran saya sebaiknya full menggunakan parfum khusus untuk menarik, memikat koloni burung walet agar cepat menginap dan bersarang. Cara pemakaiannya adalah dengan menguaskan parfum tersebut pada papan sirip yang masih kosong (tidak ada sarang) atau tidak ada tumpukan kotoran di bawahnya 1 minggu 2 kali. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi kuaskan parfum pada papan sirip setiap hari selama kurun waktu 3 bulan. Parfum ini cocok untuk rumah walet baru maupun rumah walet yang sudah berjalan dan ingin mempercepat peningkatan populasinya. Harga Sekitar 600ribu (banyak dijual secara online) Untuk rumah walet atau gedung walet yang sudah lama kosong sebaiknya anda pelajari di mana letak kesalahannya karena setiap rumah walet berbeda-beda. Apakah terlalu panas ?, suara tidak menarik ?, ada hama pengganggu / dan lain-lain. Mengatasi rumah burung walet yang suhu dan kelembapannya tidak stabil  solusinya yaitu menggunakan mesin pengabut. Harga sekitar 1.800.000 (banyak dijual secara online) Suara kurang menarik atau tidak di respon burung walet sama sekali, gunakan suara burung walet yang menarik sehingga koloni akan datang berbondong-bondong. Suara Pemikat Burung Walet Ada yang dijual 1 paket terdiri dari 2 flashdisk dan 1 dvd backup suara walet. Itu saja yang dapat kami infokan semoga bermanfaat dan salam sukses walet Indonesia. Baca Juga : Trik Rahasia Agar Koloni Burung Walet Ramai Menginap […]

TIngglkan Komentar Anda !